Jumat, 12 Agustus 2016

SAYUR MAYUR yang Cocok untuk Penderita Diabetes




Sayur mayur yang dikategorikan baik bagi penderita diabetes adalah kelompok sayur–sayuran rendah gula yang memiliki cita rasa menyengat lidah dengan sempurna. Di antaranya adalah cita rasa PAHIT. Sayur mayur yang pahit memiliki kandungan fosfor, kalium, antioksidan, mineral, dan rendah lemak serta protein. Itu baik untuk kesehatan ginjal.

Ginjal yang sakit tidak mampu menyaring darah dengan sempurna. Itulah alasan mengapa cuci darah dianjurkan bagi seseorang yang mengalami gangguan ginjal. Ginjal yang seharusnya menyring darah kotor, dan setelah darah dibersihkan oleh ginjal, maka darah akan dialirkan menuju bagian–bagian tubuh lainnya, agar semua ikut merasakan darah segar. Namun, bagi penderita diabetes, kegiatan tersebut sulit dilakukan karena program kerja ginjal yang terganggu aktivitasnya.

Berikut ini adalah di antara sayur mayur yang cocok untuk penderita diabetes:

PARE-PAREAN. Pare–parean rasanya pahit tapi ada hikmah di balik rasa pahit itu bagi seseorang yang menderita diabetes. Rasa pahit yang dirasakan saat mengonsumsi pare tidak akan pahit jika kita yang makan memikirkan khasiat yang diperoleh dari sebuah pare. Kandungan zat herbal dalam pare cocok bagi anda penderita diabetes.

BAYAM. Bayam mengandung zat besi yang banyak. Seikat bayam mengandung kurang lebih 0,25 zat besi. Zat besi ini sangat baik untuk proses metabolisme organ–organ inti dari tubuh kita.

WORTEL. Wortel mengandung zat yang baik seperti betakaroten yang baik untuk kesehatan. Tapi, bagi penderita diabetes, alangkah lebih baik jika mengonsumsi wortel mentah daripada wortel yang telah dimasak.

KELOMPOK TERONG. Terong dapat disajikan sebagai menu sayur-mayur utama ataupun sekedar menjadi pelengkap lauk-pauk kita. Tapi yang jelas dari terong tidak mengandung kalori tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

CABAI. Cabai tidak memiliki kalori dan glukosa tinggi sehingga aman dikonsumsi. Malah sayur cabai dapat menjaga kadar gula agar senantiasa stabil.

Lima sayuran di atas adalah di antara sayur-mayur yang cocok untuk penderita diabetes sehingga aman untuk dikonsumsi, dan semoga saja tips-tips yang sudah tersaji di atas bisa bermanfaat. *** (Sumber: Kompilasi dari beberapa sumber, 2016).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar