Jumat, 28 Agustus 2020

Penderita Diabetes Tak Boleh Konsumsi Buah Ini Terlalu Banyak

Anggur

BUAH-BUAHAN memang mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh kita. Namun, ada beberapa buah-buahan mungkin terlalu manis untuk penderita diabetes, yang memiliki kandungan gula yang tinggi, dan itu bisa meningkatkan kadar glukosa dalam darah penderita diabetes. Untuk itu, buah tersebut perlu dikonsumi dalam jumlah sedang dan tidak berlebihan. Maklum, karena sesungguhnya buah-buahan manis juga memiliki nilai gizi tinggi, vitamin, mineral, dan merupakan sumber karbohidrat, gula, dan serat yang baik.

Di antara buah-buahan yang harus dibatasi konsumsinya oleh penderita diabetes, adalah:

Anggur. Buah Anggur memiliki kadar karbohidrat yang tinggi, sehingga berkonsekuensi terhadap terjadinya glukosa dalam darah yang juga tinggi. Sebuah Anggur kecil saja mengandung satu gram karbohidrat. Namun, Anggur juga kaya antioksidan yang baik untuk memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas. Anggur merah dianggap yang terbaik karena memiliki resveratrol, salah satu jenis antioksidan. Anggur pun finilai baik untuk kesehatan mata dan peningkatan daya ingat. Karenanya, bagi penderita diabetes, konsumsilah Anggur seperlunya saja.

Mangga

Mangga. Rata-rata Mangga mengandung sekitar 30 gram karbohidrat dan 26 gram gula. Untuk itu, bagi penderita diabetes, konsumsilah hanya setengah Mangga dan jangan makan Mangga yang terlalu matang. Manfaat Mangga adalah kaya antioksidan sehingga bermanfaat untuk melindungi tubuh kita dari radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh. Mangga juga mengandung Vitamin A, K, E, dan B, sehingga dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Nanas. Jumlah karbohidrat dan gula dalam Nanas juga cukup tinggi. Untuk itu, makanlah secukupnya. Tapi, Nanas punya manfaat, yaitu mengandung Vitamin C yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan. Nanas juga mengandung antioksidan seperti flavonoid dan asam fenolik yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Nanas pun dapat membantu mencegah kanker karena mengandung bromelain.

Ceri

Ceri. Sama seperti anggur, satu buah Ceri mengandung satu gram karbohidrat. Namun, buah Ceri mengandung nutrisi seperti protein, serat, vitamin C, mangan, dan kalium. Ceri bisa membantu mengatur tekanan darah dan meningkatkan fungsi saraf, serta membantu melindungi jantung.

Pisang. Termasuk buah yang tinggi karbohidrat. Satu buah pisang berukuran sedang, kadar karbohidratnya setara dengan karbohidrat dua buah lainnya. Makanya, bagi penderita diabetes, tidak perlu terlalu banyak mengonsumsi pisang.

Pir. Satu buah pir berukuran sedang dapat mengandung sekitar 17 gram gula, sehingga penderita diabetes tidak perlu terlalu banyak mengonsumsi buah Pir ini.

Semangka

Semangka. Satu potong buah semangka pun mengandung sekitar 17 gram gula, sehingga penderita diabetes tidak perlu mengonsumsinya terlalu banyak.

Buah Kering

Buah Kering. Buah-buahan yang dikeringkan menjadi lebih terkonsentrasi dalam gula, dan kandungan karbohidratnya tiga kali lebih banyak daripada buah segar. Bagi penderita diabetes, sebaiknya hindari mengonsumsi buah kering, dan memilih buah-buahan yang rendah kadar glukosanya, agar kadar gula dalam darah dapat terkontrol.

Catatan:

Setelah mengenali berbagai pantangan buah untuk penderita diabetes di atas, tentu kita akan lebih berhati-hati dalam mengonsumsinya. Ketika memilih makanan, perhatikan betul kandungan gula dan karbohidrat yang ada di dalamnya. Kita tidak sepenuhnya harus menghindari buah, sebab masih ada beberapa jenis buah yang baik untuk penderita diabetes. Di antara buah-buahan yang baik untuk penderita diabetes adalah Apel, Stroberi, Jeruk, Kiwi dan Jambu Biji. *** (YW, disarikan dari beberapa sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar