Kamis, 02 Februari 2017

Akibat dari HB (Hemoglobin) yang Rendah




HEMOGLOBIN atau biasa dikenal dengan sebutan HB merupakan suatu protein pada sel darah yang bertugas membawa oksigen ke dalam tubuh. Maka jika suatu kondisi di mana tubuh kekurangan darah atau hemoglobin rendah, yang terjadi adalah oksigen yang semestinya disalurkan oleh protein sel darah menjadi terhambat dan berkurang. Penyakit hemoglobin rendah sering disebut juga sebagai anemia.

Kadar HB yang normal adalah sebagai berikut:
·         Laki-laki dewasa: 14-18
·         Wanita dewasa: 12-16
·         Wanita hamil: 11,5-14
·         Pria paruh baya: 12,5-15
·         Wanita paruh baya: 11,5-14
·         Bayi baru lahir: 11-14
·         Anak-anak: 11-16

Berikut ini adalah 10 akibat dari hemoglobin rendah (kekurangan darah):

Keletihan, Malas, dan Lemas. Akibat hemoglobin rendah yang paling umum dan sebagai gejala awal adalah keletihan. Sering kali orang yang keletihan menyebabkan aktivitas terganggu seperti mudah mengantuk dan tidak energik.

Sesak Nafas. Karena tugas utama hemoglobin adalah mengangkut oksigen yang disalurkan oleh ke seluruh tubuh, maka seandainya kekurangan darah, oksigen yang diedarkan pun mengalami kekurangan. Indikasi kekurangan darah adalah sesak nafas.

Jantung Berdebar. Akibat dari hemoglobin rendah adalah nyeri pada dada disertai jantung berdebar. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang menginstruksikan agar memaksimalkan kinerja jantung jika mengalami kekurangan oksigen.

Mual. Mual bisa kadang terjadi, tergantung tingkat kronis dari anemia yang dialami.

Wajah Pucat. Pasti akibat wajah pucat menyelimuti bagi penderita anemia ringan maupun berat, maka dari itu seorang ibu usai melahirkan memiliki wajah pucat karena telah mengalami banyak pendarahan.

Penurunan Daya Sistem Imun. Karena penderita anemia mengalami keletihan, lemas dan tidak energik, maka daya tahan untuk melawan penyakit pun menurun sehingga menyebabkan orang tersebut gampang mengalami sakit-sakitan.

Mata Pucat. Akibat lainnya mungkin dapat terlihat maupun samar seperti mata pucat. Seseorang yang mengalami anemia akan terlihat pucat ditandai dengan bagian dalam mata seperti orang yang mengantuk berat.

Sakit Kepala. Akibat kekurangan oksigen yang dihantarkan ke seluruh tubuh, terutama otak, mengakibatkan sakit, nyeri pada kepala.

Pingsan. Tubuh yang semakin lemas dapat menyebabkan keletihan dan tidak sadarkan diri atau disebut dengan pingsan.

Intinya, kalau hemoglobin rendah ini dibiarkan berlarut-larut, si penderita menjadi gampang menderita aneka penyakit. *** (dari berbagai sumber. Foto: MedicineNet).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar